Kamis, 04 Oktober 2018

filsafat pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara

Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara merupakan proses pembudayaan yakni suatu usaha memberikan nilai-nilai luhur kepada generasi baru dalam masyarakat yang tidak hanya bersifat pemeliharaan tetapi juga dengan maksud memajukan serta memperkembangkan kebudayaan menuju kearah keluhuran hidup kemanusiaan.
Kemajuan pendidikan di firlandia berpedoman atau menganut dengan filsafat yang di cetuskan oleh Ki Hajar Dewantara. Seharusnya Bangsa Indonesia bangga akan hal itu karena bangsa lain berpedoman dengan filsafat yang di ciptakan oleh orang Indonesia asli. Bangsa Indonesia seharusnya sadar dan ikut menerapkan filsafat yang di cetuskan oleh ki Hajar Dewantara. Ada statement yang mengatakan bahwa “ Bangsa yang lupa adalah bangsa yang melalaikan atau di lalaikan”.
Pendidikan Nasional adalah pendidikan berawal dari rasa kemerdekaan. Sedangkan kemerdekaan itu sendiri adalah kebebasan yang memahami akan adanya batasan. Sifat kemerdekaan menurut Ki Hajar Dewantara : 1) berdiri sendiri, 2) tidak bergantung orang lain dan 3) dapat mengatur dirinya sendiri. Kata kemerdekaan dalam bahasa Inggris yaitu Freedom, dan kata Freedomlah yang melahirkan kata Independen.
Ada statement yang mengatakan bahwa “jikalau kita di beri bantuan berupa kemerdekaan setidaknya kita berhutang budi dengan yang memberi kemerdekaan tersebut”



Bunga Chika Pratama
VII C

15120123

Tidak ada komentar:

Posting Komentar